Langsung ke konten utama

Perkamen: Aku di Rembang

Aku di Rembang. Pada hari vigili Paskah. Seperti biasa tradisi tiap tahun, bahwa hari-hari itu harus di rumah.

Di internet aku menemukan yang aku perlukan untuk menulis skripsi. Memang aku masih semester 4, tetapi ada mata kuliah yang "ngompori" untuk segera menulis skripsi. Aku yang merupakan seorang pengguna open source, ingin agar skripsiku ditulis dengan menggunakan software open source juga. Maka aku mencari-cari yang ada di internet. Aku baru menemukan di repositori Unnes tentang menulis skripsi dengan Libre office. Untuk Link-nya ada di bawah ini, tinggal di klik aja.

http://repo.unnes.ac.id/dokumen/Menyusun-TA-dg-LibreOffice.pdf

Kebetulan juga aku orangnya agak prefeksionis untuk hal serius ini, maka aku masih mencari lagi untuk menulis skripsi dengan menggunakan LaTeX. Ya, aku masih mendalaminya. Ternyata aku baru menemukan blog, mungkin milik dosen UGM. Link-nya ini.

http://warmada.staff.ugm.ac.id/TextProc/skripsi/skripsi.html

Nah, itu. Setelah tak lihat-lihat, Kelihatannya kok khusus untuk mahasiswa UGM ya? Tapi, di situ ada keterangan:

Bagi pengguna di luar UGM, yang paling penting adalah mengganti berkas logofg.eps dan logobg.eps dengan logo universitas yang akan digunakan selain isian pada preamble. Berkas logofgc.eps merupakan logo yang digunakan untuk halaman sampul sedangkan berkas logobg.eps untuk halaman pengesahan. Kedua berkas ini terletak pada direktori: $texmf/tex/latex/skripsi/img.
Berarti, memang masih bisa, namun harus diedit dahulu dan itu perlu waktu. Mungkin juga penulisan skripsi di UGM dengan di Unnes, sedikit berbeda. Setelah ini, aku mau cari-cari tahu lagi tentang format penulisannya.

Itu dulu dari aku, sekian.


Komentar