Langsung ke konten utama

Universitas Negeri Semarang: Universitas Konservasi

Universitas Negeri Semarang (UNNES) adalah salah satu universitas yang berkedudukan di Semarang. Universitas ini, adalah salah satu universitas negeri yang terkenal di Indonesia.

UNNES daluhu merupakan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Negeri Semarang (IKIP Negeri Semarang), yang kemudian diubah namanya Universitas Negeri Semarang.

Aku sekarang telah menjadi mahasiswa baru di Universitas Negeri Semarang. Aku pribadi, amat senang dan mendukung UNNES sebagai Universitas Konservasi. Ya, sebab, setiap kali aku pergi, aku pasti melakukan reuse atau pemakaian kembali, terutama kantong plastik. Jadi, intinya UNNES itu aku banget. Ibarat aku ini sebuah biji, biji yang ditanam di tanah yang subur, tidak berbatu, tidak bersemak. Sehingga dapat bertumbuh.

Mendengar isu baru, untuk lebih menghidupkan konservasi-nya, UNNES akan membangun sebuah lahan parkir terpusat. Sehingga kemana-mana, di dalam areal universitas harus bersepeda atau jalan kaki. Bagiku, itu sangat menyenangkan. Berjalan kaki, sambil mengakrabkan diri dengan mahasiswa lain. Berjalan kaki lebih sehat. Mengurangi polusi.

Tetapi, andaikata aku mempunyai kesempatan berpendapat, aku ingin menyampaikan mimpiku untuk UNNES. Universitas Negeri Semarang tidak hanya sebagai universitas konservasi, tetapi juga universitas energi mandiri. Maksudnya, universitas benar-benar tidak bergantung dengan energi (baca: listrik) yang diproduksi BUMN (PLN). universitas memiliki sendiri pembangkit listriknya sendiri, untuk mencukupi energinya sendiri. Yah..., tapi itu baru sebuah utopia. Mungkinkan itu terjadi? Bisakah kita mewujudkannya? Atau itu hanyalah sebuah utopia?

Komentar