Rabu, 04 Juli 2012

Membuat Blog menjadi Terkenal

Mungkin tulisan ini sudah usang, dan banyak orang yang sudah menulisnya. Tetapi, bagiku tiada yang salah bila aku menulisnya. Ilmu bagiku tidak pernah busuk. Aku tidak bermaksud untuk melakukan copy-paste dari blog orang lain, untuk melakukan itu, sebenarnya harus ada izin tertulis dari sang empunya blog. Tulisan ini boleh jadi tips dan trikku sendiri.

Kira-kira beginilah cara untuk membuat blog-mu menjadi lebih dikenal.

  1. Buatlah blog dengan satu pokok bahasan
  2. Sebagai contoh blog kimiaku, hanya membahas tentang kimia, tidak ada yang lain. Bila kamu bertanya, bagaimana dengan blog ini, sebenarnya blog ini adalah blog pribadi, yang memiliki banyak bahasan. :D
  3. Buatlah tampilan (template) blogmu "ringan"
  4. Ringan dalam hal ini adalah waktu yang dibutuhkan untuk me-load blog-mu. Kita tidak tahu bagaimana sifat orang satu per satu. Ada orang yang sabar menunggu, ada pula yang tidak. Jadi, tampilan blog yang ringan adalah tampilan (template) blog yang sederhana, dan skrip-skripnya responsif. Aku sarankan untuk menggunakan template blog yang telah disediakan penyedia layanan blog-mu, yang kemudian secara bebas dapat kamu ubah sendiri sesuai dengan kebutuhanmu.
  5. Panjang pendeknya posting
  6. Hal ini sangat penting. Posting blog itu biasanya ringkas, dan enak dibaca. Itulah yang menyebabkan banyak pembaca blog akan kembali lagi.
  7. Promosikan blog-mu
  8. Tentu saja, ini sangat penting. Di internet sangat banyak media promosi blog. Yang paling mudah adalah menggunakan jejaring sosial. Caranya dengan menuliskan alamat blog-mu pada setiap profil keanggotaanmu di jejaring sosial. Atau bisa juga menggunakan twitterfeed.com yang tutorialnya dapat dilihat di sini.
  9. Sisipkan alamat blog-mu pada setiap signature-mu
  10. Secara mudahnya, contoh salah satu signature-ku.
    Signature ini adalah signature-ku di Forum Ubuntu Indonesia.
    Jadi, signature adalah sebuah catatan kecil yang memperlihatkan secara singkat si empunya signature.
  11. Bergabunglah dalam forum tertentu
  12. Bergabung dengan forum itu memiliki tujuan, tujuanya tidak lain adalah mencari inspirasi dan menambah teman. Forum sifatnya bebas, sesuai dengan bakat dan minatmu. Jangan lupa untuk mencantumkan alamat blogmu pada signature-nya ya.
  13. Lakukan blog walking
  14. Blog walking terdiri atas 2 kata blog dan walking (berjalan). Maksudnya adalah melakukan kunjungan blog.
  15. Tinggalkan komentarmu pada salah satu posting atau shoutbox
  16. Meninggalkan komentar itu juga penting. Pentingnya memberikan komentar adalah memberikan reaksi pembaca kepada penulis yang pada akhirnya bisa jadi memberikan manfaat kepada penulis.
  17. Lakukan backlink dan pertukaran link
  18. Cara ini termasuk ampuh. Andaikata kamu punya teman yang memiliki blog, cantumkan alamat blog-nya di blog-mu dan pastikan juga alamat blog-mu juga tercantum pada blog-nya. Untuk Backlink, kamu dapat membaca blog ini.
  19. Bergabunglah dengan perkumpulan blog
  20. Salah satu contoh perkumpulan blog adalah indonesia-blogger.com.

Demikianlah tulisanku. Kiranya dapat membantu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar