Rabu, 29 Januari 2014

Memperbaiki Format Hardisk yang Rusak

OK, aku ingin berbagi tentang memperbaiki partitioning Hardisk yang rusak. Partitioning adalah aturan pembagian hard disk. (Wikipedia) Ada bermacam-macam aturan dalam pembagian hard disk ini, antara lain NTFS, FAT, ext, dan lain sebagainya. Dalam komputer membutuhkan pembagian ini, sebab tanpa pembagian ini data tidak dapat disimpan atau komputer tidak dapat boot.

Sebuah masalah muncul dari temanku yang bermasalah dengan hard disk eksternalnya. Menurut keterangannya, hard disknya berubah partitioning-nya menjadi raw. Aku sudah pernah mengalami masalah seperti ini seingatku pada flashdisk-nya Meili. Miliknya belum ter-partisi sempurna. Hanya sebuah dugaan perlakuan hard disk eksternal ini adalah sama, tetapi dengan ukuran yang berbeda saja.

Bagaimana pemecahannya? Sebetulnya mudah, hanya dengan menggunakan Ubuntu Disk utility. Dengan utility itu sebetulnya hanya mengubah sifat partitioning-nya.

Aku akan menggunakan Flash disk-ku sebagai contoh. Jadi kira-kira seperti ini keadaan flaskdisk-ku.

Perlu diketahu bahwa flashdisk itu hanya memiliki satu partisi. Mengapa? Karena ukurannya yang relatif kecil. Tetapi bukan berarti flashdisk ini tidak dapat dibuat partisi. Pembuatan partisi di flashdisk itu percuma, karena ukurannya yang semakin kecil dan memang sejak awal flashdisk tidak diciptakan untuk dipartisi.

Lanjut. Klik tanda tambah pada bagian volumes maka muncul jendela ini.

Isikan seperlunya. Nah.., pas di bagian Type, pilih sesuai dengan kebutuhan. Untuk Harddisk umumnya pake NTFS. Setelah itu klik Create. Jadilah seperti ini.

Di sini aku menggunakan GNOME Ubuntu. silakan klik link ini untuk mengunduhnya. Demikianlah.

Tulisan ini aku dedikasikan kepada teman lamaku Aulia Rahmawati.


1 komentar: