Kamis, 15 Agustus 2013

Perkamen: Menambah Link

Pagi ini, aku membuka akun facebook-ku. Ternyata, Roy ulang tahun. Roy itu adalah temanku satu fakultas. Dia dari jurusan matematika. Kami berteman dengan cukup baik.
Sebagai teman yang baik, aku mengucapkan selamat ulang tahun kepadanya. Hari ini, dia berulang tahun yang ke-19. Semoga ia menjadi anak yang baik dan berbakti kepada orang tuanya serta negaranya.
Kebetulan sekali kali ini aku sedang mengerjakan (atau lebih tepatnya menjadi webmaster) dari websites UKM yang aku ikuti di kampus. Nah, sekarang aku juga sedang menghimpun informasi tenang siapa saja anggota UKM yang memiliki weblog/website pribadi, untuk aku cantumkan di websites UKM yang aku kelola.
Roy seingatku memiliki weblog pribadi. Weblog-nya diisi dengan segala hal tentang matematika. Ya, karena dia belajar di jurusan Matematika. Aku bertanya kepadanya, apakah blog-nya masih diisi dan aktif. Jawabnya masih aktif dan masih diisi. Sangat senanglah aku. Lalu, aku mengutarakan maksudku kepadanya, kalau aku sedang menghimpun informasi itu. Dia mengijinkan. Lantas aku juga memberitahunya supaya melakukan backlink di blog-nya. Dan ternyata dia belum mengetahui caranya.

Nah, tulisan ini aku persembahkan untuk Roy. Yah..., itung-itung sebagai hadiah ulang tahun dariku dan tambahan wawasan baginya.


Klik-lah tata letak.
Tata letak sebenarnya adalah gambaran umum dari blog-mu terutama pada layout dan letak gadget/widget.
Klik tambah gadget pada salah satu side bar. Maka akan muncul jendela pop-up, pilihlah HTML/Javascript.

Dalam kotak konten, ketikan ini.
<a href="http://uk3.ukm.unnes.ac.id/">PKKMK/UKKK Unnes</a>
Terakhir, klik simpan dan simpan setelan.

Roy, ini sebenarnya adalah teknik SEO kuno. SEO itu kepanjangan dari Search Engine Optimizer. Atau secara sederhana, SEO itu membuat blog kita naik peringkat di Google. Teknik kuno ini terhitung mujarap.

Kurang lebihnya begitu, Roy. Kalau masih bingung, bisa hubungi aku atau tanya mbah Google. Akhir kata dariku, Selamat Ulang Tahun ya. Semoga Tuhan Memberkatimu.

2 komentar: