Kamis, 27 Desember 2012

Slax Kembali Aktif

Setelah sekian lama, Slax akhirnya aktif kembali. Berita ini di langsir dari distrowatch.com tertanggal pada 23 Desember 2012, yang lalu.
Ini adalah terjemahan beritanya dalam Bahasa Indonesia:
Tomáš Matějíček telah mengumumkan rilis Slax 7.0.1, update dan perbaikan bug dari live CD berbasis Slackware: "Untuk itu siapa yang tidak dapat meninggalkan komputernya selama natal (Saya salah satu dari mereka tampaknya), ini adalah update untuk Slax, versi 7.0.1. Perubahan memasukan banyak perbaikan bug, kernel upgrade, dukungan Broadcom SoftMac, dan dukungan mode teks untuk pemetaan keyboard dan jenis hurup. Raw changelog: Perbaikan double-klik pada bar lokasi di Firefox; perbaikan Slax buildscript download, itu tidak bekerja pada subdirektori dengan spasi; memperkenalkan bashrc dengan warna untuk Konsole; Xterm tidak lagi membutuhkan helper di xtrem.bin,; mengijinkan undersore dan tanda tambah dalam nama buildscript; perbaikan deaktifasi modul yang diaktifkan otomatis selama boot; diupgrade ke Kernel Linux 3.6.11...."
Kalau yang ini, versi aslinya:
Tomáš Matějíček has announced the release of Slax 7.0.1, a bug-fix update of the Slackware-based live CD: "For those who can't leave their computers even during Christmas (as I am apparently one of them), here is an update for Slax, version 7.0.1. Changes include mostly bug fixes, kernel upgrade, Broadcom SoftMac support, and textmode support for keyboard mapping and fonts. Raw changelog: Fixed double-click on location bar in Firefox; fixed Slax buildscript download, it was not working in a subdirectory with spaces; introduced bashrc with colors for Konsole; Xterm no longer needs helper in xterm.bin,; allow underscore and plus sign characters in buildscript names; fixed deactivation of modules which were activated automatically during boot; upgraded to Linux Kernel 3.6.11...."
source: distrowatch.com

Ini adalah kabar gembira bagiku. Sebab, meskipun aku murni menggunakan Ubuntu sebagai distribusi yang sudah aku pilih, tetapi Slax adalah distribusi yang aku perlukan juga. Kepentinganku disini adalah untuk dapat "membawa" ke mana-mana distribusi lengkap Linux yang dapat dimainkan via penyimpan mini. Ini sangat menguntungkan bagiku. Aku juga percaya bahwa pengguna Linux adalah orang yang mau berkembang, sehingga tidak cukuplah hanya tahu satu jenis distribusi.

Apabila kamu ingin tahu yang lebih tentang Slax, secara singkat dapat aku uraikan disini. Slax adalah sebuah sistem operasi Linux yang dapat di-boot dari CD yang berdasarkan pada Slackware, didesain dengan pendekatan modular. Selain ukurannya yang kecil, Slax menyediakan sekumpulan besar pre-installed software untuk penggunaan sehari-hari, termasuk juga GUI yang terorganisasi dengan baik dan sangat berguna untuk alat pemulihan bagi administrator sistem.

Dengan kembalinya Slax ke dunia opensource ini, mari kita lebih kembangkan sayap open source yang bebas. Bagi kamu yang ingin melihat catatan rilis secara lengkap, silakan klik di sini. Tambahan, Catatan rilis ini berbahasa Inggris.

1 komentar:

  1. menarik sekali,, terimakasih atas informasinya.. sangat bermanfaat dan menambah wawasan tentunya.. thanks for sharing . nice post


    ST3 Telkom

    BalasHapus