Minggu, 29 Agustus 2010

Perkamen I

Dahulu, orang orang suka mencatat kejadian-kejadian yang ada di sekitarnya. Yah, dalam bentuk apapun. Coretan kertas, dalam buku, dan lain sebagainya.
Nah ternyata, aku pun juga suka dengan mencatat. Sampai kertas undangan buat ortu aku pake buat nulis (jangan ditiru ya). abis gimana lagi, gak ada kertas.
Oke, enggak apa-apa, yang penting isinya baik. Jadi, mungkin sudah menjadi kebiasaanku sejak SMP, kalo guru menerangkan, aku mencatat penjelasan guru di kertas lain lalu aku salin di buku. ya itung-itung belajar. Senin, 23 Agustus yang lalu aku mencorat-coret di kertas folio. Kira-kira ini coretanku:
Daftar Istilah
Gutasi adalah air yang dikeluarkan oleh tumbuhan lewat daun, dan terlihat berair bila suhu lingkungan rendah.

Macam-macam air:
  1. Air kimia adalah Air yang bersenyawa dengan misel-misel tanah sehingga sangat terikat kuatdengan butiran-butiran tanah.

  2. Air gravitasi adalah air yang cepat bergerak ke bawah dikarenakan gaya gravitasi sehingga kurang tersedia bagi tumbuhan.

  3. Air hidrasi adalah air yang menyelimuti misel dan terikat dan menempel sangat kuat pada butiran tanah.

  4. Air kapiler adalah air yang mengisi ruang-ruang antar partikel tanah sehingga memungkinakan dapat diserap oleh epidermis akar.

Maka, air yang teraik untuk tumbuhan adalah Air kapiler.

Tekanan Osmosis adalah kemampuan sel untuk menyerap air.


  • Daya tekan akar adalah kemampuan sel-sel akar untuk mendorong air dalam xylem akar menuju ke jaringan yang ada di atasnya. Kemampuan sel akar ini disebabkan oleh akar yang menyerap air terus menerus, sehingga tekanan turgornya naik.

  • Daya Kapilaritas adalah kemampuan xylem batang untuk menaikkan permukaan air lebih tinggi dibanding dengan yang di luar pembuluh karena daya adesi pada air dan mineral lebih besar dibanding dengan daya kohesinya.

  • Daya isap adalah kemampuan daun untuk menyerap air dari batang karena tekanan osmosis. Sel-sel daun lebih tinggi dibanding sel-sel pada batang. Perbedaan tekanan dikarenakan daun yang selalu mengeluarkan airnya lewat peristiwa gutasi.

Yah, jadi kira-kira kurang lebih begitu. Semoga dapat berguna bagi semua yang membutuhkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar